Google Support

Jumat, 30 November 2012

Membuat Dokumen Dengan Microsoft Excel

postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat dokumen pada microsoft excel, berikut tata cara penggunaan beberapa menu yang ada pada Microsoft Excel. 


1. Hal pertama yang harus dilakukan saat membuat dokumen baru dalam Microsoft Excel 2007 adalah masuk ke work book Microsoft Excel 2007.




2. Sebelum membuka workbook dan worksheet baru sebaiknya terlebih dahulu mengetahui apa itu workbook dan worksheet. Workbook adalah kumpulan dari beberapa sheet sedangkan worksheet adalah lembar kerja yang terdapat pada sheet 
Setelah masuk ke workbook Microsoft Excel 2007, maka akan tampil worksheet (lembar kerja) Excel 2007 yang terdiri atas baris dan kolom. Pertemuan antara baris dan kolom disebut dengan Range.


3. Pada lembar kerja Excel, tidak menutup kemungkinan tampilan data yang telah kita tulis terlihat terpotong. Jika data tersebut berupa angka maka tampilan yang terlihat adalah deretan tanda pagar (######).
Berikut ini langkah untuk mengatur  lebar kolom:
  1. Klik kolom yang ingin dilebarkan,
  2. Arahkan pointer mouse pada batas kanan atas kolom yang ingin dilebarkan dan tunggu sampai pointer mouse berubah menjadi tanda tambah dengan panah ganda yang mengarah kekanan dan kekiri.
  3. Klik ganda pada batas kolom tersebut.
Atau dapat juga dilakukan dengan cara:
  1. Klik kolom yang ingin dilebarkan
  2. Klik tab Home
  3. Klik tombol Format pada group Cells
  4. Klik Column Width sehingga tampil kotak dialog Column Width
Masukan lebar kolom sesuai kebutuhan, lalu Ok

 







Selanjutnya adalah mengatur tinggi baris :
  1. Klik baris yang ingin diatur tingginya
  2. Arahkan pointer mouse pada batas bawah baris yang ingin dirubah tingginya tunggu sampai pointer mouse berubah menjadi tanda tambah dengan panah ganda yang mengarah keatas dan kebawah
  3.  Klik dan tahan mouse, kemudian drag sesuai dengan tinggi baris yang diinginkan
  4. Lepaskan mouse.







4. mengubah ukuran kertas:
  1. Klik tab Page Layout
  2. Klik  Size pada group Page Setup
Pilih ukuran kertas yang diinginkan












5. Mengedit Data Ecxel

Menggunakan Cara Drag and Drop
  1. Blok sel yang ingin dipindahkan
  2. Letakkan pointer mouse di batas pinggir sel sampai berubah bentuk menjadi tanda panah 4 arah
  3. Klik dan tahan, kemudian tariklah ke tempat tujuan pemindahan data. 
Menggunakan Cara Cut and Paste
  1. Blok sel yang ingin dipindah
  2. Tekan tombol Ctrl+X atau klik      
  3. Klik sel tujuan tempat untuk meletakan data
  4. Klik tombol Ctrl+V 
6. Mengubah Bentuk dan Ukuran Huruf
Mengubah bentuk huruf dapat dilakukan dengan cara mengklik ikon font lalu pilih model huruf yang diinginkan. Sedangkan untuk merubah ukuran huruf tetap perhatikan pada tab Font lebih tepatny pada tombol Font Size, klik pada tombol tanda panah bawah lalu pilih font yang diinginkan. Untuk mengubah ukuran huruf dapat juga di lakukan dengan cara menghapus tulisan ukuran huruf lalu gantilah dengan ukuran yang diinginkan .

7. Mengubah Ukuran Kertas dan Margin

Mengubah ukuran kertas dimaksudkan agar pada saat kita akan mencetak dokumen sesuai dengan ukuran kertas yang akan digunakan .
Dilakukan dengan cara:

Sedangkan untuk mengubah Margin dilakukan dengan cara:


8. Membuat Tabel pada Excel 2007
Berikut langkah – langkah untuk membuat  tabel:
  1. Ketikkan data pada sel di worksheet
  2. Sorot semua data yang telah di klik
Klik tab insert, kemudian klik tombol Table sehingga muncul kotak dialog Create Table. Beri tanda cek pada My table has headers lalu klik OK

Secara default, Microsoft Excel akan mengaktifkan fitur Filter, ditandai dengan munculnya tanda panah untuk drop down menu filter pada tiap kolom.



FORMULA dan FUNGSI PADA EXCEL
Fungsi SUM digunakan unuk menghitung secara keseluruhan jumlah data yang ingin dijumlahkan.
Berikut Variasi pengggunaan fungsi SUM
Contoh penggunaannya adalah

Fungsi AVERAGE merupakan fungsi untuk menghitung rata-rata nilai
Fungsi MAX untuk mengetahui nilai tertinggi dari sekumpulan data
Fungsi MIN untuk mengetahui nilai terendah 


Fungsi RANK untuk mengurutkan (Meranking) data yang dipilih


Fungsi IF merupakan fungsi logika, berikut contoh penerapannya


Fungsi LOOKUP

Bentuk vektor LOOKUP

Bentuk vektor LOOKUP mencari dalam satu baris atau satu kolom berbagai (dikenal sebagai vektor) nilai, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama dalam satu baris kedua atau satu-kolom jangkauan. Menggunakan bentuk iniLOOKUP fungsi ketika Anda ingin menentukan rentang yang berisi nilai-nilai yang ingin Anda cocok.

Sintaks untuk bentuk vektor

LOOKUP)lookup_value,lookup_vector,result_vector)
  • Lookup_value adalah nilai yang LOOKUP mencari dalam vektor pertama.Lookup_value dapat beberapa, teks, nilai logis, atau nama atau referensi yang merujuk kepada nilai.
  • Lookup_vector adalah rentang yang berisi hanya satu baris atau satu kolom. Nilai-nilai dilookup_vector dapat teks, angka, atau logis nilai-nilai.

    Penting Nilai-nilai di lookup_vector harus ditempatkan dalam urutan menaik. Sebagai contoh,-2, 1, 0, 1, 2 atau A-Z atau palsu, benar. Jika Anda tidak melakukannya, LOOKUP mungkin tidak memberikan nilai yang benar. Huruf besar dan huruf kecil teks yang setara.
  • Result_vector adalah rentang yang berisi hanya satu baris atau kolom. Ini harus menjadi ukuran yang sama sebagailookup_vector.
Catatan
  • Jika LOOKUP tidak dapat menemukan lookup_value, itu sesuai nilai terbesar di lookup_vector Yaitu kurang dari atau sama dengan lookup_value.
  • Jika lookup_value lebih kecil daripada nilai terkecil di lookup_vector, LOOKUP memberikan nilai kesalahan N/A #.
Contoh
AB
1FrekuensiWarna
24.14merah
34.19jeruk
45.17kuning
55.77hijau
66.39biru
RumusDeskripsi (hasil)
=LOOKUP(4.91,A2:A6,B2:B6)Melihat 4.19 di kolom A, dan mengembalikan nilai dari kolom b yang ada di dalam baris yang sama (oranye).
=LOOKUP(5.00,A2:A6,B2:B6)Mendongak 5,00 di kolom A, dan mengembalikan nilai dari kolom b yang ada di dalam baris yang sama (oranye).
=LOOKUP(7.66,A2:A6,B2:B6)Melihat 7.66 di kolom A, sesuai nilai terkecil berikutnya (6.39), dan mengembalikan nilai dari kolom b itu adalah pada baris yang sama (biru).
=LOOKUP(0,A2:A6,B2:B6)Melihat 0 di kolom A, dan kembali kesalahan karena 0 adalah kurang dari nilai terkecil di lookup_vector A2:A7 (# N/A).

(dikutip dari : http://support.microsoft.com/kb/324986/id-id)