Google Support

Jumat, 30 November 2012

Membuat Dokumen Dengan Microsoft Word

Mmembuat Dokumen Dengan Microsoft Word

1. buka program microsoft word dengan cara klik Start - All Programs - Microsoft Office - Microsoft Office Word    



2. setelah langkah pertama tadi dilakukan maka akan muncul lembar kerja Microsoft Word seperti gambar dibawah ini


  

Tampilan area kerja microsoft word terdiri atas Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler dan Status Bar.
Title Bar merupakan bagian untuk menampilkan nama file yang sedang dikerjakan, serta tambahan tombol-tombol pendukung seperti Save, undo, Repeat Typing, Minimize, Restore Down, dan Close.

Title Bar merupakan bagian untuk menampilkan nama file yang sedang dikerjakan, serta tambahan tombol-tombol pendukung seperti Save, undo, Repeat Typing, Minimize, Restore Down, dan Close.
Menu Bar merupakan bagian yang berisikan menu-menu utama. Yang termasuk menu Bar adalah Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, dan Add Ins.
Tool Bar merupakan sub menu dari tiap Menu Bar dengan berbagai fungsi yang berbeda satu dengan lainnya. Tool Bar ini tersaji berupa ikon

     Ruler merupakan alat pengukur untuk mempermudah pengaturan tata letak halaman. Ruler ini terletak secara horisontal dan vertikal.Status Bar adalah baris horisontal yang terletak di bagian paling bawah lembar kerja yang berisikan Page (untuk menghitung berapa jumlah halaman yang sudah dipergunakan),Words (menghitung banyaknya huruf yang telah tertulis), No proofing errors (Pengecek kesalahan dalam penulisan), dan Languange (Bahasa yang sedang digunakan).
    3.   Sebelum memulai mengetik terlebih dahulu tentukan ukuran kertas.
     Menentukan ukuran kertas dapat dilakukan dengan cara klik pada menu Page Layout lalu klik Page Setup. Klik pada bagian Size. Ini digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang dipakai
   4.  Jangan lupa juga untuk mengatur margin. Cara mengatur Margin dilakukan dengan cara klik Page Layout, Perhatikan pada Page Setup lalu klik Margin. Margin disunakan untuk mengatur garis tepi pada lembar kerja. Agar lebih mudah untuk mengatur Margin gunakanlah satuan cm. 





5.  Lalu mengatur Jenis huruf dan Ukuran. Untuk mengatur Jenis huruf dan Ukuran liat pada tab Home perhatikan pada bagian Font. Terkadang PC kita secara default tersetting untuk Jenis huruf adalah Calibri (body) dengan ukuran huruf 11, kejadian ini dapat kita ubah dengan cara perhatiakan pada bagian Font pada bagian kanan bawah terdapat tanda siku dimana di dalamnya ada tanda panah yang menyerong kebawah. Klik tanda tersebut pilihlah Font(jenis huruf) dan size (ukuran huruf) yang diingikan lalu klik default. Dengan mengklik default maka secara otomatis setiap kali anda akan menggunakan lembar kerja ms. Word sudah terseting jenis huruf dan ukuran yang telah anda sesuaikan.


6.   Mengatur format paragraf dan spasi
Format paragraf dapat diatur dengan cara mengklik ikon pada toolbar paragraph disana terdapat model align text left, center,align text right, dan justify. Pilih sesuai model yang diinginkan. Dan untuk mengatur spasi dapat dilakukan dengan mengklik ikon line spacing (pada toolbar paragraph).
7. Header & Footer , Footnote
 Header dapat di sisipkan degan cara klik ikon Header Footnote diterapkan saat kita akan menyisipkan catatan kaki pada halaman yang kita buat. Footnote dapat disisipkan dengan cara klik ikon footer pada menu akses cepat toolbar Insert.
Contoh Penerapan:
 


8. Jika dalam penulisan dokumen akan melakukan penomoran, dapat dilakukan dengan cara klik ikon bullet pada menu paragraph. Bullet ini memberikan perincian dalam bentuk simbol. Sedangkan untuk melakukan penomoran berupa angka menggunakan numbering klik pada ikon numbering pada menu paragraph. Terdapat berbagai macam jenis model numbering mulai dari angka hingga huruf.

Contoh Penerapan Penomoran dengan Numbering

9. Menyisipkan tabel
 Kita dapat menyisipkan tabel dengan cara mengklik Menu Insert – Table, jika  kita
 menginginkan bentuk tabel sesuai selera dapat mengklik pada bagian draw table
Contoh Penggunaannya

10.  Menuliskan rumus
Dalam penulisan rumus matematik dapat di tulis dengan menggunakan menu Equation yang terdapat pada Symbols

11.  Membuat dokumen dengan drop cap dan Column
Drop Cap dipergunakan ketika kita menginginkan satu huruf awal memiliki            ukuran yang berbeda. Contohnya seperti pada penulisan di dalam surat kabar/           koran. Pembuatan drop cap dapat dilakukan dengan cara klik menu Insert lalu            perhatikan pada menu toolbar Text lalu pilih Drop Cap.
       Selanjutnya agar dokumen kita dapat terlihat terbagi menjadi dua bagian dalam satu         halaman dapat dilakukan dengan cara memblok seluruh isi dokumen lalu klik menu    Page Layout perhatikan pada menu Page Setup lalu klik pada menu Columns. Maka secara otomatis tampilan akan menyesuaikan dengan pilihan column yang kita pilih


Contoh Penerapan Column


itu tadi cara-cara gunain beberapa fungsi dasar di Microsoft Word, semoga bermanfaat dan ditunggu komentarnya :)
-Happy writing Happy Blogging-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar