Google Support

Sabtu, 11 Mei 2013

Menggunakan SQL Plus (Oracle) Melalui Command Prompt

Jika anda merasa bosan ketika membuat koding SQL dengan menggunakan SQL Plus dari Oracle, kini anda dapat menggunakan cara lain, yaitu menggunakan command prompt. berikut akan saya jelaskan cara penerapannya. untuk demo gambar saya hanya akan memberikan dalam penerapan pada Sistem Operasi Windows 8.

1. (Pada Windows 7) Klik Start - Run 
    (Pada Windows 8) arahkan kursor pada ujung kanan atas hingga muncul menu awal, dalam teks field pencarian ketikkan "Run" lalu klik ikon run tersbeut



2.     2. Setelah ikon tersebut diklik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, untuk tampilan, baik windows 7 maupun windows 8 tampilannya sama. lalu ketikan cmd sebagai nama lain dari pemanggilan command prompt.

3. setelah itu maka akan muncul jendela baru, seprti gambar dibawah ini. kemudian ketikan saja "sqlplus" maka secara otomatis akan masuk dalam program aplikasi oracle sql plus, selanjutnya masukan username dan system untuk login dalam database.


4. setelah login berhasil kita langsung dapat membuat query . seperti contoh dibawah adalah query membuat blok PL/SQL Penerapan Eksepsi.



5. untuk keluar dari sql plus, kita tinggal mengetik "exit" saja, lalu ketika ingin keluar dari command prompt ketikkan lagi keyword "exit" maka secara otomatis akan keluar.


6. dalam command prompt kita bisa juga mengatur tampilannya, dengan cara klik kanan pada titla bar lalu klik properties



7. untuk mengatur tampilan background dan warna text lihat pada menu Colors, kita dapat menyesuaikannya sesuai kehendak kita


8. untuk mengatur lebar halamannya kita gunakan menu Layout



9. untuk mengatur tampilan font gunakan menu Font


okk sekian dari saya . .
semoga bermanfaat :D
Happy writing happy blogging :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar