Membuat
Dokumen Yang Baik (Ms.Word 2007)
A. Mengenal program Aplikasi Microsoft Word
Microsoft
Word merupakan prgram aplikasi yang bernaung di bawah program aplikasi
Microsoft Office dari Windows. Microsoft Word ini merupakan program aplikasi
pengolah kata. Dimana tak hanya dapat digunakan untuk menulis dokumen saja,
tapi dapat juga memanipulasi dokumen dengan menuliskan teks dengan berbagai
kreasi bentuk dan warna, menyisipkan gambar, tabel bahkan chart.
Tampilan
area kerja microsoft word terdiri atas Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler dan
Status Bar.
Title
Bar merupakan bagian untuk menampilkan nama file yang sedang dikerjakan, serta
tambahan tombol-tombol pendukung seperti Save, undo, Repeat Typing, Minimize,
Restore Down, dan Close.
Menu
Bar merupakan bagian yang berisikan menu-menu utama. Yang termasuk menu Bar
adalah Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, dan Add
Ins.
Tool
Bar merupakan sub menu dari tiap Menu Bar dengan berbagai fungsi yang berbeda
satu dengan lainnya. Tool Bar ini tersaji berupa ikon
Ruler
merupakan alat pengukur untuk mempermudah pengaturan tata letak halaman. Ruler
ini terletak secara horisontal dan vertikal.
Status
Bar adalah baris horisontal yang terletak di bagian paling bawah lembar kerja
yang berisikan Page (untuk menghitung berapa jumlah halaman yang sudah
dipergunakan),Words (menghitung banyaknya huruf yang telah tertulis), No
proofing errors (Pengecek kesalahan dalam penulisan), dan Languange (Bahasa
yang sedang digunakan).
. B. Tips Membuat Dokumen Yang Baik
Sangat
penting saat menulis dokumen kita harus mengetahui bagaimana cara untuk menulis
dokumen yang baik berikut ini tips yang dapat saya berikan:
1. Mengetahui
menu-menu yang ada pada lembar kerja
2. Menentukan
ukuran kertas
Menentukan
ukuran kertas dapat dilakukan dengan cara klik pada Page Layout lalu Page
Setup.Klik pada bagian Size,
ini digunakan untuk mengatur ukuran kertas
yang akan
dipakai
3. Mengatur
Margin
Cara mengatur Margin dilakukan dengan cara klik Page Layout,
Perhatikan pada Page Setup lalu klik Margin. Margin digunakan untuk mengatur
garis tepi pada lembar kerja. Agar lebih mudah untuk mengatur Margin gunakanlah
satuan cm.
4. Mengatur
Jenis huruf dan Ukuran
Untuk mengatur Jenis huruf dan Ukuran liat pada tab Home
perhatikan pada bagian Font. Terkadang PC kita secara default tersetting untuk
Jenis huruf adalah Calibri (body) dengan ukuran huruf 11, kejadian ini dapat
kita ubah dengan cara perhatiakan pada bagian Font pada bagian kanan bawah
terdapat tanda siku dimana di dalamnya ada tanda panah yang menyerong kebawah.
Klik tanda tersebut pilihlah Font(jenis huruf) dan size (ukuran huruf) yang
diingikan lalu klik default. Dengan mengklik default maka secara otomatis
setiap kali anda akan menggunakan lembar kerja ms. Word sudah terseting jenis
huruf dan ukuran yang telah anda sesuaikan.
5. Mengatur
format paragraf dan spasi
Format paragraf dapat diatur dengan cara mengklik ikon pada
toolbar paragraph disana terdapat model align text left, center,align text
right, dan justify. Pilih sesuai model yang diinginkan. Dan untuk mengatur
spasi dapat dilakukan dengan mengklik ikon line spacing (pada toolbar
paragraph).
6. Menyimpan
dokumen
Menyimpan dokumen dapat dilakukan dengan cara mengklik Office
button lalu pilih save (jika dokumen yang disimpan merupakan dokumen yang telah
dibuat sebelumnya) atau save as (jika dokumen yang disimpan merupakn dokumen
baru). Shortcut Ctrl+S
7. Mencetak
Dokumen
Mencetak dokumen dilakukan dengan megklik office button plih
print (shortcut Ctrl+P) dalam menu print terdapat sub menu print, quick print
dan print preview. Tips sebelum melakukan printing lihat dulu dokumen yang akan
kita cetak lewat print preview.
8. Header
& Footer
Header dapat di sisipkan degan cara klik ikon Header Footnote
diterapkan saat kita akan menyisipkan catatan kaki pada halaman yang kita buat.
Footnote dapat disisipkan dengan cara klik ikon footer pada menu akses cepat
toolbar Insert.
9. Menggunakan
bullet dan numbering
Untuk menggunakan bullet klik ikon bullet pada menu paragraph.
Bullet ini memberikan perincian dalam bentuk. Sedangkan untuk menggunakan
numbering klik pada ikon numbering pada menu paragraph. Terdapat berbagai macam
jenis model numbering mulai dari angka hingga huruf.
10. Menyisipkan
tabel
Kita dapat menyisipkan tabel dengan cara mengklik Menu Insert
– Table, jika menginkan bentuk tabel sesuai selera dapat mengklik pada bagian
draw table
11. Menuliskan
rumus
Dalam penulisan rumus matematik dapat di tulis dengan menggunakan
menu Equation yang terdapat pada Symbols
12. Membuat
dokumen dengan drop cap dan Column
Drop
Cap dipergunakan ketika kita menginginkan satu huruf awal memiliki ukuran yang
berbeda. Contohnya seperti pada
penulisan di dalam surat kabar/ koran.
Pembuatan drop cap dapat dilakukan dengan cara klik menu Insert lalu perhatikan pada
menu toolbar Text lalu
pilih Drop Cap.
Selanjutnya agar dokumen kita dapat terlihat terbagi menjadi
dua bagian dalam satu
halaman dapat dilakukan dengan cara memblok seluruh isi
dokumen lalu klik menu Page Layout perhatikan pada menu Page Setup lalu klik
pada menu Columns. Maka secara otomatis tampilan akan menyesuaikan dengan
pilihan column yang kita pilih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar