Google Support

Selasa, 27 November 2012

Menggunakan Microsoft Word Dengan Optimal


Membuat Dokumen Yang Baik (Ms.Word 2007)

A.   Mengenal program Aplikasi Microsoft Word

Microsoft Word merupakan prgram aplikasi yang bernaung di bawah program aplikasi Microsoft Office dari Windows. Microsoft Word ini merupakan program aplikasi pengolah kata. Dimana tak hanya dapat digunakan untuk menulis dokumen saja, tapi dapat juga memanipulasi dokumen dengan menuliskan teks dengan berbagai kreasi bentuk dan warna, menyisipkan gambar, tabel bahkan chart.
Tampilan area kerja microsoft word terdiri atas Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler dan Status Bar.



Title Bar merupakan bagian untuk menampilkan nama file yang sedang dikerjakan, serta tambahan tombol-tombol pendukung seperti Save, undo, Repeat Typing, Minimize, Restore Down, dan Close.
Menu Bar merupakan bagian yang berisikan menu-menu utama. Yang termasuk menu Bar adalah Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, dan Add Ins.
Tool Bar merupakan sub menu dari tiap Menu Bar dengan berbagai fungsi yang berbeda satu dengan lainnya. Tool Bar ini tersaji berupa ikon
Ruler merupakan alat pengukur untuk mempermudah pengaturan tata letak halaman. Ruler ini terletak secara horisontal dan vertikal.
Status Bar adalah baris horisontal yang terletak di bagian paling bawah lembar kerja yang berisikan Page (untuk menghitung berapa jumlah halaman yang sudah dipergunakan),Words (menghitung banyaknya huruf yang telah tertulis), No proofing errors (Pengecek kesalahan dalam penulisan), dan Languange (Bahasa yang sedang digunakan).

.   B.   Tips Membuat Dokumen Yang Baik

Sangat penting saat menulis dokumen kita harus mengetahui bagaimana cara untuk menulis dokumen yang baik berikut ini tips yang dapat saya berikan:

           1.      Mengetahui menu-menu yang ada pada lembar kerja

           2.     Menentukan ukuran kertas
     Menentukan ukuran kertas dapat dilakukan dengan cara klik pada Page Layout lalu Page 
     Setup.Klik pada bagian Size, ini digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang akan 
     dipakai

3.      Mengatur Margin
      Cara mengatur Margin dilakukan dengan cara klik Page Layout, Perhatikan pada Page Setup lalu klik Margin. Margin digunakan untuk mengatur garis tepi pada lembar kerja. Agar lebih mudah untuk mengatur Margin gunakanlah satuan cm.

4.      Mengatur Jenis huruf dan Ukuran
      Untuk mengatur Jenis huruf dan Ukuran liat pada tab Home perhatikan pada bagian Font. Terkadang PC kita secara default tersetting untuk Jenis huruf adalah Calibri (body) dengan ukuran huruf 11, kejadian ini dapat kita ubah dengan cara perhatiakan pada bagian Font pada bagian kanan bawah terdapat tanda siku dimana di dalamnya ada tanda panah yang menyerong kebawah. Klik tanda tersebut pilihlah Font(jenis huruf) dan size (ukuran huruf) yang diingikan lalu klik default. Dengan mengklik default maka secara otomatis setiap kali anda akan menggunakan lembar kerja ms. Word sudah terseting jenis huruf dan ukuran yang telah anda sesuaikan.

5.      Mengatur format paragraf dan spasi
      Format paragraf dapat diatur dengan cara mengklik ikon pada toolbar paragraph disana terdapat model align text left, center,align text right, dan justify. Pilih sesuai model yang diinginkan. Dan untuk mengatur spasi dapat dilakukan dengan mengklik ikon line spacing (pada toolbar paragraph).

6.      Menyimpan dokumen
      Menyimpan dokumen dapat dilakukan dengan cara mengklik Office button lalu pilih save (jika dokumen yang disimpan merupakan dokumen yang telah dibuat sebelumnya) atau save as (jika dokumen yang disimpan merupakn dokumen baru). Shortcut Ctrl+S

7.      Mencetak Dokumen
      Mencetak dokumen dilakukan dengan megklik office button plih print (shortcut Ctrl+P) dalam menu print terdapat sub menu print, quick print dan print preview. Tips sebelum melakukan printing lihat dulu dokumen yang akan kita cetak lewat print preview.

8.      Header & Footer
      Header dapat di sisipkan degan cara klik ikon Header Footnote diterapkan saat kita akan menyisipkan catatan kaki pada halaman yang kita buat. Footnote dapat disisipkan dengan cara klik ikon footer pada menu akses cepat toolbar Insert.

9.      Menggunakan bullet dan numbering
      Untuk menggunakan bullet klik ikon bullet pada menu paragraph. Bullet ini memberikan perincian dalam bentuk. Sedangkan untuk menggunakan numbering klik pada ikon numbering pada menu paragraph. Terdapat berbagai macam jenis model numbering mulai dari angka hingga huruf.

10.   Menyisipkan tabel
       Kita dapat menyisipkan tabel dengan cara mengklik Menu Insert – Table, jika menginkan bentuk tabel sesuai selera dapat mengklik pada bagian draw table

11.   Menuliskan rumus
      Dalam penulisan rumus matematik dapat di tulis dengan menggunakan menu Equation yang terdapat pada Symbols

12.   Membuat dokumen dengan drop cap dan Column
      Drop Cap dipergunakan ketika kita menginginkan satu huruf awal memiliki ukuran yang 
      berbeda. Contohnya seperti pada penulisan di dalam surat kabar/ koran. 
      Pembuatan drop cap dapat dilakukan dengan cara klik menu Insert lalu perhatikan pada 
      menu toolbar Text lalu pilih Drop Cap.
      Selanjutnya agar dokumen kita dapat terlihat terbagi menjadi dua bagian dalam satu 
      halaman dapat dilakukan dengan cara memblok seluruh isi dokumen lalu klik menu Page Layout perhatikan pada menu Page Setup lalu klik pada menu Columns. Maka secara otomatis tampilan akan menyesuaikan dengan pilihan column yang kita pilih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar